Sunday, December 14, 2014

Cara Setting ENB Sendiri


Hai Semua!
Pada post kali ini saya ingin share sedikit ilmu saya tetang tutorial "Cara Sett ENB Series GTA San Andreas Sendiri". Nah, sebelumnya, untuk menggunakan ENB Series, setidaknya kalian harus mempunyai Graphic Card dengan Pixel Sharder 2.0, tapi saran saya sebaiknya Pixel Sharder Graphic Card kalian 3.0 agar tidak Lag. Nah sekarang, saya akan menjelaskan bagian-bagian ENB Series yang akan kalian Sett...

NOTE : Buka ENBSeries.ini kalian agar lebih mudah mengerti..

[PROXY]
Saat diaktifkan, ENB Series akan membaca DLL atau Dynamic Link Library, cara kerja ENB Series ini tertuils dalam sebuah parameter ProxyLibrary.

EnableProxyLibrary = (0,1)

Hal ini akan membatu memecahkan masalah dengan beberapa D3D9.dll yang tidak cocok digunakan secara bersamaan tanpa alat khusus pemuatan.

Init Proxy Functions = (0,1)

Menggabungkan fungsi dari Dynamic Link Library (DLL). Bila kalian ingin me-load / memuat DLL lain, rubah parameter ini menjadi 1

ProxyLibrary = (nama file)

Ini adalah parameter untuk nama file Dynamic Link Library (DLL) yang ingin kalian Load. Rubah nama file .DLL yang akan di load dari D3D9.dll menjadi D_D3D9.dll.

[GLOBAL]

UseEffect = (0,1)

Parameter ini berguna untuk mengaktifkan ENB Series saat loading game tanpa harus menekan Hotkeys untuk mengaktifkan ENB (Cth : Shift + F12)

AlternativeDepth = (0,1)

Jika fitur ini aktif, informasi kedalaman gambar  untuk beberapa efek  akan diberikan melalui kabut, yang bisa meningkatkan kinerja Graphic Card dalam beberapa situasi, tetapi tidak semua Video Card bisa membuat / menarik kabut dengan presisi penuh. Hanya DX10 dan DX11 yang bisa melaukannya, GeForce 8xxx, 9xxx, GTX dan Radeon HD 2000-5970. Jika kalian melihat garis-garis besar pada objek, lebih baik matikan parameter ini.

AllowAntialias = (0,1)

Parameter ini bisa mengatur anti aliasing dari Game dan pada efek ENB. Jika anti alising diaktifkan pada Driver Graphic Pannel, parameter ini tidak akan bekerja, lebih baik matikan anti-aliasing.

BugFixMode = (0 .5)

Perbaikan nilai atau pilihan yang tidak didukung perbaikan bug dalam driver atau hardware. Nilai 0-5 adalah format tekstur HDR : 
  • 0 (R32G32F) tinggi dan kinerja menengah, 
  • 1 (R32F) berkualitas tinggi dan kinerja tinggi,
  • 2 (A32R32G32B32F) kualitas tinggi dan efisiensi yang rendah,
  • 3 (​​R16F) kualitas rendah dan kinerja yang sangat tinggi
  • 4 (R16G16F) kualitas rendah dan kinerja tinggi,
  • 5 (A16R16G16B16F) rendah kualitas dan kinerja mengenah.
SkipShaderOptimization = (0,1)

Parameter ini memungkinkan optimalisasi saat kompilasi shader, dapat membantu untuk menghilangkan / memperbaiki bug. Cobalah untuk mengubah parameter ini jika kalian melihat miss texture / gangguan pada texture.

QuadVertexBuffer = (0,1)

Beberapa game mungkin tidak bisa mengatur pemrosesan render jika parameter ini diaktifkan. Jika kalian tidak melihat perubahan apapun saat mengaktifkan ENB, lebih baik jangan gunakan paramter ini karena geometri akan diambil dari VGA (Video Graphic Array) dan RAM (Random Access Memory).

EnableShaders_3_0 = (0,1)

Beberapa efek akan terlihat lebih bagus saat kalian mengaktifkan Sharder 3.0. Saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan parameter ini jka Graphic Card kalian mendukung Sharder 3.0

AdditionalConfigFile = (nama file)

Jika filenya ada, semua parameter dari AdditionalConfigFile akan digunakan sebagai pengganti default enbseries.ini. Sangat berguna untuk berbagi parameter pengguna lain tanpa kehilangan settingan ENB sendiri.

[EFFECT]

EnableBloom = (0,1)

Menambahkan efek terang, bagian blur cahaya gambar dan menambahkannya kembali ke gambar, simulasi pencahayaan dari beberapa objek. Dapat bekerja sangat cepat pada hardware modern, tetapi pengaturan yang salah atau driver yang buruk / tidak cocok dapat menyebabkan crash dan kerusakan pada game, jadi berhati-hatilah jika menggunakan efek ini.

EnableOcclusion = (0,1)

Memberikan fitur lingkungan oklusi (SSAO) dan pencahayaan yang tidak langsung (SSIL). Dapat menyebabkan shading dan pencahayaan antara objek dekat. Efek ini hanya digunakan dalam beberapa game baru, sebagian besar generasi baru konsol, sehingga akan menjadi sangat berat / lag dalam game. Kinerja akan bervariasi tergantung pada resolusi layar dan jumlah pixel yang diambil pada gambar, sehingga untuk bermain dengan efek ini pada resolusi HD, kamu memerlukan Graphic Card yang bagus. Fitur ini juga membutuhkan dukungan Shader 3.0. Jika PC kamu sangat lag saat menggunakan fitur ini, sebaiknya matikan saja fitur ini agar Graphic Card kalian tidak cepat rusak.

EnableReflection = (0,1)

Menambahkan efek Refleksi pada kendaraan. Kinerja sangat bergantung pada kualitas pengaturan dan objek yang digambar pada layar. Jika ada banyak objek yang refleksif dapat menyebabkan kinerja menurun. Dalam hal ini, kinerja  tergantung pada kecepatan CPU dan RAM. Pencahayaan pixel pada ENB Series versi terbaru mungkin lebih cepat pada versi VGA tertentu.

EnableMotionBlur = (0,1)

Menambahkan efek blur pada saat pergerakan kamera yang cepat.

EnableWater = (0,1)

Menambah efek air yang lebih realistis, cara yang baik untuk mengatasi lag adalah dengan menggunakan efek ini bersama-sama dengan efek lain yang menggunakan efek kedalaman objek seperti Shadow, SSAO dan DOF.

EnableShadow =  (0,1)

Menambahkan efek Bayangan pada objek, menambah blur dan perubahan warna. Efek ini hanya untuk GTA San Andreas. Ini bukan banyangan yang lembut karena bergantung pada jarak blur antara jarak bayangan, objek dan sumber cahaya. Kecepatan efek bergantung pada pengaturan kualitas yang menggunakan konfigurasi tentang kedalaman objek untuk beberapa pengaturan, sehingga membuat performa yang berbeda.

DepthBias = (0 0,1000)
Benda bergerak ketika ditarik pada pergeseran tergantung pada kamera. Pada beberapa Graphic Card mungkin perlu untuk menghilangkan bug pada tekstur yang tersembunyi di lingkungan dan oklusi. Cobalah atur 100 jika ada sesuatu yang salah. Parameter ini tidak berpengaruh pada performa PC.

EnableDepthOfField = (0,1)
Menambah efek Depth of Field (DoF) atau efek kabur pada objek yang jauh. Efek ini sangat mempengaruhi kinerja PC karena membutuhkan proses kedalaman Shader. Apabila digunakan bersama dengan efek lain yang membutuhkannya, kinerja tidak begitu berkurang.

[INPUT]
Daftar nomor kunci dalam key_codes.txt di dalam arsip. Mempunyai format hex untuk mengubahnya menjadi kalkulator desimal menggunakan hex atau bahkan di kalkulator.

KeyUseEffect = 1-225

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan mod, secara standarnya "F12"

KeyBloom = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan cahaya atau bloom, standarnya "F9"

KeyOcclusion = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan SSAO, standarnya "F10"

KeyReflection = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan refleksi pada kendaraan, standarnya "F12"

KeyCombination = (1 255)
 
Kunci tambahan untuk mengkombinasi tombol dengan tombol lain, standarnya "SHIFT"

KeyScreenshot = (1 255)

Tombol kunci untuk mengambil screenshot Game. Gambar disimpan dalam folder yang sama di mana ENBSeries terinstal. Format file BMP, 32-bit dengan alpha channel.

KeyShadow = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan bayangan, standarnya "F8"

KeyWater = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan efek air, standarnya "F7"

KeyShowFPS = (1 255)

Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan tampilan jumlah frame per detik standarnya "*"

[REFLECTION]
ReflectionPower = (0, 100)
Tingkat refleksi pada kendaraan. Masalahnya mungkin terlalu banyak refleksi yang disebabkan parameter Use Additive Reflection diaktifkan, cobalah untuk mengubahnya juga.

ChromePower = (0, 100)

Tingkat Chrome pada kendaraan.

UseCurrentFrameReflection = (0,1)
Bila diatur ke 1, padding berada dalam picture frame aktif. Ini adalah kelemahan karena tidak semua benda dipantulkan, tapi ada delay antara objek dan refleksi. Jika tidak, gunakan frame gambar sebelumnya. Kinerja jauh lebih baik bila parameter ini diaktifkan. Di tingkat GTA San Andreas refleksi sedikit bergantung pada parameter ini, jadi jika kalian aktifkan, bisa untuk untuk memperbaiki ReflectionPower.
ReflectionQuality = (0,2)
Kualitas Refleksi, 0 berarti kualitas maksimal dan kinerja terendah. kualitas 0, refleksi tidak sangat tajam karena mereka menggunakan mipmapping. Parameter ini tidak berpengaruh terlalu banyak pada kinerja.

ReflectionSourceSpecular= (0, 100)

Menambah fitur yang dapat membuat refleksi menggunakan warna material "specular" sebagai faktor refleksi ("glosiness" yang di ekspor). Beberapa kendaraan mungkin akan terlalu silau jika fitur ini diaktifkan, tetapi bekerja dengan baik untuk mobil aslinya. Jadi, untuk 0 berguna untuk menghilangkan refleksi palsu, tapi lebih baik untuk menambah mod kendaraan. Fitur ini bekerja bersama dengan ReflectionSourceTFactor sehingga dapat menciptakan tingkat yang realistis pada refleksi.

ReflectionSourceTFactor = (0, 100)

Menggunakan "faktor tekstur" sebagai peta tingkat campuran lingkungan ("reflection" yang di ekspor). Beberapa kendaraan mungkin tidak memiliki cahaya dan begitu juga sebaliknya. Diuji dan bekerja sempurna dengan mobil aslinya. Fitur ini bekerja bersama dengan ReflectionSourceSpecular sehingga juga dapat menciptakan tingkat yang realistis pada refleksi.

UseAdditiveReflection = (0, 1)

Mengubah refleksi dalam warna mobil dari gambar yang dihasilkan supaya terlihat jelas, rebound kadang-kadang berlebihan. 0 berarti refleksi lembut yang bergantung pada kecerahan mobil, tingkat pantulan cahaya mobil lebih rendah daripada gelap. Tidak mempengaruhi kecepatan rendering.

ReflectionDepthBias = (0 0, 1000)

Mengatur refleksi supaya bergerak sesuai dengan geometri titik refleksi kamera. Untuk beberapa Video Card mungkin berguna untuk menghilangkan kedip-kedip dan tekstur yang menghilang. Bagi pengguna VGA jenis ATI harus mengatur parameter ini ke 100 atau ke 50 kecuali jika ATI yang kalian gunakan sudah lulus single bounce.

UseLowResReflection = (0, 1)

Mengubah tekstur di refleksi menjadi kabur, tapi dapat meningkatkan performa dan mengurangi Lag.

ReflectionSinglePass = (0, 1)

Mengimbangi refleksi bersama dengan geometri mobil. Hal ini juga mengaktifkan cahaya per pixel yang meningkatkan performa dan mengurangi Lag, tapi menurunkan proses pixel, sehingga bergantung pada ukuran mobil dalam gambar. Saat ini, ada sedikit pembatasan Shader 3.0 yang diperlukan untuk mengatasi kedap-kedip pada tekstur. Jika kalian memiliki bug di kendaraan, lebih baik nonaktifkan fitur ini.

UseEnvBump = (0, 1)

Menambah tekstur silau pada badan kendaraan. Texel Brighter lebih banyak bug dan menambah kedap-kedip di tekstur. Ini juga menambah Lag.

EnvBumpAmount = (0 0, 1000)
 
Mengatur tingkat refleksi. Jangan diatur terlalu tinggi jika kendaraan tidak dirancang agar kompatibel dengan fitur ENB Series.
EnvBumpOffset = (0 0, 1000)
Fitur ini hanya tersedia pada versi ENB Series tertentu dan fitur ini dapat meningkatkan jumlah tekstur tertentu dan terlihat lebih realistis. Bahkan fitur ini tidak mempengaruhi kinerja.

[BLOOM]
BloomPowerDay = (0 , 100)

Mengatur seberapa terang cahaya pada siang hari, tergantung pada kecerahan gambar.

BloomFadeTime = (0 , 1000000)

Waktu yang dibutuhkan untuk menyesuaikan kecerahan cahaya dalam milidetik. Fitur ini sulit untuk dilihat perbedaannya, rendahnya nilai 100 juga merupakan ide yang buruk, gambar akan sering berkedip, benar-benar sangat menjengkelkan jika tidak mengatur fitur ini secara teliti.

BloomConstantDay = (0, 100)

Mengatur cahaya listrik di siang hari, tergantung dari waktu adaptasi antara perubahan kecerahan.

BloomQuality = (0, 2)

Kualitas bloom, 0 berarti kualitas maksimal.
BloomScreenLevelDay = (0, 100)
Tingkat kecerahan layar dalam waktu hari.
BloomCurveDay = (-10 - 10)
Mengatur gamma pada siang hari. Nilai negatif meningkatkan kecerahan midtone atau kecerahan yang sedang, nilai-nilai positif mengurangi kecerahan midtones seperti kontras dan intensitas gambar.
BloomPowerNight = (0, 100)
Mengatur cahaya di malam hari, tergantung pada kecerahan gambar.
BloomConstantNight = (0, 100)
Mengatur cahaya listrik pada malam hari, tergantung waktu adaptasi dengan perubahan kecerahan.
BloomCurveNight = (-10 - 10)
Mengatur gamma di malam hari. Nilai negatif meningkatkan kecerahan midtones atau gambar keabu-abuan sementara nilai-nilai positif mengurangi kecerahan midtones seperti kontras dan intensitas gambar.
BloomScreenLevelNight = (0, 100)
 Mengatur tingkat kecerahan layar pada waktu malam.

BloomAdaptationScreenLevel = (0, 100)

Mengatur tingkat kecerahan layar supaya dapat menentukan mana cahaya yang dinonaktifkan. Fitur ini lebih baik dan lebih mudah daripada BloomScreenLevelDay.
BloomAdaptationMultiplier = (0, 100)

Mengatur kecerahan cahaya sekali sehari yang akan digunakan ketika gambar lebih besar dari BloomAdaptationScreenLevel. Nilai 100 akan menonaktifkan adaptasi.

BloomAllowOversaturation = (0, 1)

Jika 0, cahaya lembut akan terlihat bersih di gambar dan pada tekstur yang terang akan menjadi tidak berlebihan.

BloomMaxLimit = (1, 100)

Membatasi seberapa terang cahaya yang dihasilkan.

[WATER]
UseWaterDeep = (0, 1)
Mengatur kedalaman dan warna air
[SHADOW]
ShadowFadeStart = (0 0, 1000)

Mengatur intensitas cahaya

ShadowAmountDay = (0, 100)

Mengatur intensitas bayangan pada siang hari, jika 100, maka bayangan akan terlihat hitam

ShadowAmountNight = (0 .100)

Mengatur intensitas bayangan pada malam hari dan juga jika 100, maka bayangan akan terlihat hitam

ShadowQuality = (0 .2)

Mengatur kualitas bayangan, 0 adalah kualitas tinggi


UseShadowFilter = (0,1)

Mengatur filter atau penyaringan bayangan


FilterQuality = (0 .2)

Mengatur kualitas filter atau penyaringan pada bayangan

[ENGINE]
ForceAnisotropicFiltering = (0,1)

Memaksa untuk menggunakan anisotropic filtering untuk sebagian tekstur dalam game. Geometri dari permainan di jarak jauh tampaknya kabur jika fitur ini diaktifkan. Fitur ini mempengaruhi kinerja.


MaxAnisotropy = (1, 16)

Mengatur tingkat maksimum anisotropic filtering, nilai yang lebih tinggi menghasilkan tekstur yang tajam pada sudut dengan kamera rendah.


ForceDisplayRefreshRate = (0,1)

Memaksa refresh layar sesuai pilihan. Tapi harap berhati-hatilah menggunakan fitur ini jika monitor & VGA kamu tidak mendukung fitur ini bisa Merusak Monitor & VGA. 
DisplayRefreshRateHz = (60 0,240)
Mengatur Screen Refresh Rate. Ini adalah fitur yang paling berbahaya dari fitur yang lain di ENB Series, karena jika ada kesalahan sedikit saja dari fitur ini dapat merusak monitor kamu atau bahkan VGA! Secara standar, Windows XP menggunakan 60 Hz, jika monitor kamu dapat mendukung hertz atau Hz yang lebih tinggi, maka kamu dapat mencoba untuk mengatur nilai fitur ini dengan hati-hati.

[MOTIONBLUR]

MotionBlurQuality = (0 .2)

Mengatur kualitas efek blur secara keseluruhan


MotionBlurVelocity = (0, 10000)

Mengatur kecepatan dan kekuatan blur disaat kamera digerakkan


MotionBlurRotation = (0, 10000)

Mengatur arah dan gerakan blur

Itulah post saya tentang "Cara Sett ENB Series GTA San Andreas Sendiri". Silahkan dipelajari dengan baik dan benar. Semoga kalian bisa mengerti... yang mau download ENB sperti SS diatas ini linknya :

Download ENB Real

SEMOGA BERMANFAAT dan SEMOGA BERHASIL!

SUMBER : REZPECT-MODS.BLOGSPOT.COM

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Langsung Buat :D Mantabs :D ane demen banget pake ENB :) Mumpung Spek Komputer lumayan :3

    ReplyDelete
  3. Gan ane udh sett.
    Trus gmna lgi kan udh jaditu filenya langsung taroh di folder gta sa ya?

    ReplyDelete
  4. Gan kok ane abis pasang enb hud & telpon sama pengaturan hilang ya?

    ReplyDelete